Posted by : Unknown Kamis, 06 Juni 2013


Elita Karlina
1110032100017

AJARAN AGAMA SIKH
            Tatkala Nanak berusia 30 tahun, ia mengatakan pada istrinya. Jugaorangtuanya, bahwa ia teah menjadi guru. Istrinya bertanya apakah guru itu? Nanak menjawab: “guru adalah seseoreang yang mengajarkan kepercayaan baru” apakah kepercayaan baru itu?, tanya ayahnya. Nanak menjawab: “tidak adahindu tidak ada muslim “ inilah krmudian yang di katakan sebagi ajaran besaragama Sikh.
            Pada pertama kali Nanak mengajarkan ajaran tersebut, majikanya Nawab Daulad Khan Lodhi,juga mendengarnya, dan bertanya mengapa “mengapa Nanak berpendapat tidak ada Muslim? “ Nanak menjawab: “Nwab Sahib, adalah sangat sulit menjadi seorang muslim. “ seterusnya ia berkata :
            “Orang yang kokoh kuat memang keyakinanya berhak di sebut seornag muslim, amalan-amalanya harussesuai dengan keyakinanya terhadapketeladanan nabi Muhammad ia harus membersihkan diri dari kesombongan  dan kerakusan tidak lagi tergoda oleh dua macam kepentingan kehidupan dan kematian menyerahkan diri kepada kehendak Tuhan mengenal dia sebagai yang maha kuasa bebas daritekanan diri pribadi mengasihi segala sesuatu demikian itulah seseorang yang boleh menamakan dirinya sebagai seorang Muslim ”.[1]
            AJARAN NANAK TENTANG MANAUSIA
            Guru Nanak mengajarkan bahwa seluruh umat manusia adalah satu. Orang di muliakan bukan karena ia angota kasta ini atau itu, kepercayaan ini atau itu, melainkan karena ia adalah”manusia” oleh karena itu nanak juga sangat menentang ajaran tentang kasta, lebih-lebih tentang adanya manusia najis yang haram di sentuh.
Nanak sangat mementingkan segi moral manusi, menurut dia.manusia harus hidup dengan mengutamakan kesempurnaan moral karena kesempurnaan manusia terletak pada tinggi rendahnya moral itu. Dalam memeberikan nasehat untuk pembinaan moral manusia[2]
            AJARAN NANAK TENTANG ALAM
            Nanak mengajarkan bahwa alam semesta ini adalah ciptaan Tuhan, dan tida abadi. Yang kekal dan abadi hanya Tuhan, karena Tuhan adalah relitas mutlak. Nanak juga manusia lain adalah mahluk tuhan.
            PERIBADATAN AGAMA SIKH
            Agama Sikh tidak banyak merumuskanuapcara ibadat. Ibadat yang paling pokok adalah samadi dalam rangka mengingat tuhan untuk menyucikan rohanidari pengaruh-pengaruh yang menjauhkan manusia dari Tuhan. Di samping itu mereka mengenal sujud dan menyanyi di kuil. Tetapi semua itu inti pokoknya adalah dzikir. Menurut mereka, kewajiban tertinggi adalh menyebut Tuhan yang maha Esa secara terus menerus.
Jalan samadi dan Dzikir yang di utamakanya untuk menyembah tuhan adalah jalan mistik yang paling populer dalam semua agama. Melalui jalan mistik semua agama  bertemu, sehingga benar kiranta bila di katakan bahwa agam Sikh yang di dirikan oleh Nanak merupakan agama mistik dan sinkretia[3]
            KITAB SUCI AGAMA SIKH
1.Adi Granth
2.Dasam Granth.
SEKTE-SEKTE AGAM SIKH
            Ada dua sekte besar yang sanagt menonjol    di aklangan kaum Sikh, yaitu pathis Nanak dan Khalsa Sikh. Panthis Nanak meupakan aliran besar yang ingin mempertahankan ajaran-ajaran guru Nanak, sedang khalsa merupakan kelompok yang mengutamakan kepatuhan dan ketundukan kepada guru yang ke sepuluh, yaitu Govind Singh. Pandangan kelompok ini lebih dinamis dan lebih terbuka dengan kemungkinan adanya perubahan dan pembaharuan. Selain kedua sekte di atas kaum Sikhterpecah pula ke dalam lima sekte lain, yaitu Orsi, Hendali, Namdari, dan Akali.
          Hari-Hari Besar
Ada tiga jenis perayaan yang di peringati oleh agama Sikh, umumnya perayaan ini diadopsi dari perayaan Hindu, antara lain:
  Perayaan tahun baru atau Baisakhi
  Perayaan cahaya atau Divali, dan
  Perayaan Hola Mohalla [4]


[1] Mukti ali. Agama-agama di dunia hal.201-203
[2] Mukti ali. Agama-agama di dunia hal.204-205
[3]Mukti ali. Agama-agama di dunia hal.206-207

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Labels

Popular Post

Blogger templates

Blog Archive

- Copyright © Agama Minor -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -