Posted by : Unknown Kamis, 06 Juni 2013

Oleh: 
Muharom Syahrul Akbar 
(1110032100068) 

Agama Amerika Kuno (Inka, Maya & Aztek)

Benua Amerika terdiri dari 3 bagian:
1. Amerika Utara
2. Amerika Tengah
3. Amerika Selatan 2/3 benua Amerika merupakan daratan rendah.

Penduduk asli sebelumnya merupakan suku Indian yang berasal dari Asia. Suku Indian terbagi menjadi Suku Maya & Aztek di Meksiko dan Suku Inka di Peru.

A. Suku Inka
Suku Inka bermukim di Peru yang berada di Pegunungan Andes. Suku ini suka membuat Istana-istana yang megah dan mendirikan kota yang memiliki karya teknik yang menakjubkan. Konstruksi kota yang sangat menakjubkan sering disebut kota dongeng, yaitu Macchu Picchu yang berdiri di Pegunungan Andes. Pada dahulu kala, kota itu ditinggal oleh penduduknya dan ditemukan kembali pada tahun 1911.

Kepercayaan Mempercayai banyak dewa-dewa. Mereka mempercayai adanya Dewa Pencipta (Virakocha), Dewa Matahari, Dewa Bulan Bintang, Dewa Halilintar dan Dewa Ibu Pertiwi. Mereka memuja roh-roh. Mereka juga mengawetkan mayat yang juga seperti dimummy-kan dalam bungkusan lain. Mereka melakukan hal tersebut karena mereka beranggapan bahwa Mummy adalah Para Inka yang memelihara nenek moyang yang pertama (Manko Kapak) yang mummy-nya tersebut ditempatkan dalam istana megah yang dibuatnya itu.

B. Suku Maya
Suku Maya bermukim di selatan Meksiko utara dan Amerika Tengah. Pada Masa Pra-Klasik 250 M – 900 M diperkirakan suku ini memulai peradabannya. Pada Masa Pos-Klasik terjadi penjajahan oleh bangsa Spanyol di Yucatan. Mereka membangun kota yang menakjubkan, disebut kota Teotihuacan, Yucatan, dan Guatemala. Di Kota tersebut mereka membangun Pyramid yang banyak dan besar. Mereka juga sudah mengenal tulisan, yang disebut Hieroglyphics.

Mereka mengenal senjata untuk berperang, alat andalannya yaitu Atlatl 9busur beracun) Sebagian besar suku Maya bermata pencaharian petani. Kepercayaan Suku Maya menyembah banyak dewa. Dewa tertinggi yaitu Dewa Matahari. Selain itu mereka juga percaya dengan Dewa Kesuburan, Dewa Bulan dan Dewa Musim Semi.

C. Suku Aztek
Sebagian besar suku Aztek bermukim di Amerika bagian Selatan dan Amerika bagian Tengah (Meksiko). Mereka membangun kota yang sangat terkenal Tenochtitilan. Suku ini berasal dari Aztlan. Suku ini banyak mempunyai mitologi. Banyak mitos dan legenda tentang penciptaan kuno.

Kepercayaannya mereka membunuh orang untuk persembahannya. Mereka percaya banyak dewa-dewa, salah satunya dewa Huitzlopotil.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Labels

Popular Post

Blogger templates

Blog Archive

- Copyright © Agama Minor -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -